BKSDA Siapkan Kail Khusus untuk Tangkap Buaya yang Serang Manusia

Buaya/ Photo: youtube.com
Secepatnya, SAMPIT : Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah, mencoba menangkap buaya Sungai Mentaya Kabupaten Kotawaringin Timur dengan cara memancingnya menggunakan umpan bebek yang dipasangi kail khusus.

"Penangkapan buaya menggunakan pancing. Sampai saat ini pancing masih terpasang namun belum ada menunjukkkan hasil," kata Komandan Pos Jaga BKSDA Sampit, Muriansyah, Senin (19/3/2018).

Serangan buaya kembali terjadi pada Kamis (8/3) sore lalu di Desa Ganepo Kecamatan Seranau. Seorang perempuan bernama Jumi (49), diserang buaya saat mencuci pakaian, untungnya korban berhasil lolos dari maut karena buaya tidak berhasil menariknya ke dalam sungai setelah gigitannya terhalang kayu lanting.

Akibat kejadian itu, korban menderita luka cakaran di lengan kiri dan luka gigitan buaya di lengan kanan. Korban juga masih trauma beraktivitas di sungai, apalagi buaya ganas itu kembali muncul di sekitar lokasi kejadian.

BKSDA berencana menangkap buaya tersebut karena sudah membahayakan nyawa masyarakat. Jika berhasil ditangkap, buaya tersebut selanjutnya direlokasi ke daerah lain yang merupakan habitat buaya.

Untuk menangkap buaya muara itu, tim BKSDA menyiapkan pancing dengan kail khusus dipasang di lokasi berbeda. Kail yang diikat tali, dipasang bersama bebek sebagai umpan yang diharapkan membuat buaya tidak bisa lepas karena tersangkut kail ketika menyambar buaya.

Muriansyah meyakini buaya ganas tersebut masih berada di sekitar kawasan tersebut. Bahkan saat meninjau ke lokasi sehari usai kejadian, Muriansyah melihat sendiri buaya yang diperkirakan panjangnya sekitar empat meter itu kembali muncul, namun langsung menghilang ketika didekati.

Menangkap buaya dengan cara menggunakan pancing, dinilai merupakan cara efektif saat ini. Beberapa tahun sebelumnya, cara serupa pernah digunakan warga ketika menangkap seekor buaya besar yang memangsa manusia.

"Kalau sampai besok belum ada hasil, rencananya pancing akan kami hentikan dulu. Kami akan mengatur atau menyusun ulang rencana lain," tambah Muriansyah.

Serangan buaya di Sungai Mentaya dari tahun ke tahun terus meningkat. Beberapa korban berhasil selamat, namun sebagian besar korban meninggal dunia, bahkan ada yang jenazahnya tidak pernah ditemukan lagi.

Sumber : Antara

COMMENTS

Nama

batam,102,bola,2,daerah,153,dunia,39,ekonomi,18,entertain,6,Headline,330,hot,7,Hukum,156,Internasional,44,kepri,32,nasional,40,nusantara,26,olahraga,3,politik,34,senidanolahraga,4,sport,2,teknologi,2,wisata,4,
ltr
item
secepatnya: BKSDA Siapkan Kail Khusus untuk Tangkap Buaya yang Serang Manusia
BKSDA Siapkan Kail Khusus untuk Tangkap Buaya yang Serang Manusia
https://2.bp.blogspot.com/-z7IMiYruzsg/WrUkxiFK5LI/AAAAAAAAA0g/Vd7tpop2SysLn8nCYONGOl3DsGzFqffjwCLcBGAs/s320/buaya.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-z7IMiYruzsg/WrUkxiFK5LI/AAAAAAAAA0g/Vd7tpop2SysLn8nCYONGOl3DsGzFqffjwCLcBGAs/s72-c/buaya.jpg
secepatnya
http://www.secepatnya.com/2018/03/bksda-siapkan-kail-khusus-untuk-tangkap.html
http://www.secepatnya.com/
http://www.secepatnya.com/
http://www.secepatnya.com/2018/03/bksda-siapkan-kail-khusus-untuk-tangkap.html
true
7938900199845780946
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts Readmore Reply Cancel reply Delete Home PAGES POSTS View All REKOMENDASI UNTUK ANDA: BERITA ARCHIVE SEARCH SEMUA BERITA maaf berita yang dicari tidak ditemukan KEMBALI Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy