Kelangkaan Makanan dan Daging Babi, Warga Venezuela di Luar Ibu Kota Melakukan Penjarahan

Ratusan orang menggelar aksi damai di berbagai kota di Venezuela
 sebagai bentuk protes terhadap pemerintahan Presiden Nicolas Maduro.
/ Foto : EPA
Secepatnya, CARACAS : Orang-orang yang lapar di seantero Venezuela telah menjarah toko-toko di kota-kota provinsi dan mendorong para pemilik toko mempersenjatai diri dengan berbagai senapan dan senjata tajam, yang menimbulkan ketakutan bahwa aksi kejahatan itu dapat menyebar ke ibu kota Caracas.

Kelangkaan makanan yang terus memburuk dan inflasi yang meroket menimbulkan serangkaian perampasan sejak Natal di negara Amerika Selatan tersebut. Dilaporkan pada Rabu (17/1/2018) sebanyak tujuh orang meninggal.

Kerusuhan itu dipicu oleh kekurangan daging babi yang biasa untuk hidangan saat liburan kendati sudah ada janji dari Presiden Nicolas Maduro untuk menyediakan subsidi daging guna mengatasi kekurangan. Para penjarah telah menyerbu truk-truk, toko-toko serba ada dan toko-toko minuman keras di seluruh negara dengan penduduk 30 juta, yang termasuk salah satu negara paling rusuh di dunia.

Venezuela, yang pernah menjadi salah satu negara terkaya di Amerika Latin, menderita resesi selama lima tahun terakhir dan tingkat inflasinya tertinggi di dunia. Selama 11 hari pertama Januari, terjadi sebanyak 107 penjarahan atau usaha penjarahan, menurut sebuah kelompok HAM, the Venezuelan.

Dalam suatu insiden yang paling dramatis, sekelompok orang menyembelih hewan ternak yang sedang digembalakan di sebuah lapangan Merida, negara bagian  berpegunugan di bagian barat Venezuela. Karena merasa skeptis pihak berwenang dapat melindungi mereka, para penjaga toko di kota Garcia de Hevia di negara bagian Tachira telah membawa peralatan yang bisa dijadikan senjata pelindung.

"Kami mempersenjatai diri dengan pisau, pedang, pentungan dan senjata api untuk membela aset-aset kami," kata Willianm Roa, ketua perhimpunan penjaga toko lokal.

Roa, yang memiliki rumah makan dan toko minuman keras, memperkirakan lebih dua pertiga toko di kota kecil dekat perbatasan Kolumbia tutup. "Seorang bermalam di setiap toko dan kami berkomunikasi dengan grup-grup WhatsApp, berkoordinasi selama 24 jam sehari," katanya.

In Ciudad Guayana, bekas kawasan industri di tepi sungai Orinoco di bagian timur Venezuela, banyak toko masih tutup setelah gelombang penjarahan. Sampah berserakan di jalan-jalan dan sedikit mobil lalu lalang walau bus-bus padat dengan penumpang yang berkeliling kota mencari tempat-tempat untuk membeli makanan.

Para pengusaha di Caracas sekarang takut penjarahan terjadi di ibu kota Venezuela itu. Sejauh ini penjarahan terkonsentrasi di provinsi-provinsi yang lebih miskin dan penegakan hukumnya lemah.

Sumber : Antara/Reuters/republika.co.id

COMMENTS

Nama

batam,102,bola,2,daerah,153,dunia,39,ekonomi,18,entertain,6,Headline,330,hot,7,Hukum,155,Internasional,44,kepri,32,nasional,40,nusantara,26,olahraga,3,politik,34,senidanolahraga,4,sport,2,teknologi,2,wisata,4,
ltr
item
secepatnya: Kelangkaan Makanan dan Daging Babi, Warga Venezuela di Luar Ibu Kota Melakukan Penjarahan
Kelangkaan Makanan dan Daging Babi, Warga Venezuela di Luar Ibu Kota Melakukan Penjarahan
Rusuh di Venezuela
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgj_JoVWOkIJBcGfkkXfb9xNh6WUpXjBnkN_CYrH3C7lbD54OnuCOdUAxsbf0QgglzS_FKY0NYGihH6or3mI94E37gjSUvj7Re5l317HAlL-nuVYvZ-8YlVkxnXbKkoNOIkQI3ELc4VHr4/s320/ratusan-orang-menggelar-aksi-damai-di-berbagai-kota.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgj_JoVWOkIJBcGfkkXfb9xNh6WUpXjBnkN_CYrH3C7lbD54OnuCOdUAxsbf0QgglzS_FKY0NYGihH6or3mI94E37gjSUvj7Re5l317HAlL-nuVYvZ-8YlVkxnXbKkoNOIkQI3ELc4VHr4/s72-c/ratusan-orang-menggelar-aksi-damai-di-berbagai-kota.jpg
secepatnya
http://www.secepatnya.com/2018/01/kelangkaan-makanan-dan-daging-babi.html
http://www.secepatnya.com/
http://www.secepatnya.com/
http://www.secepatnya.com/2018/01/kelangkaan-makanan-dan-daging-babi.html
true
7938900199845780946
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts Readmore Reply Cancel reply Delete Home PAGES POSTS View All REKOMENDASI UNTUK ANDA: BERITA ARCHIVE SEARCH SEMUA BERITA maaf berita yang dicari tidak ditemukan KEMBALI Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy